Kekurangan dan Kelebihan Asrama Putri Unit III Universitas Hasanuddin - All about My Hobbies

Sabtu, 21 Maret 2015

Kekurangan dan Kelebihan Asrama Putri Unit III Universitas Hasanuddin

Asrama universitas Hasanuddin merupakan  fasilitas kampus yang disediakan oleh universitas Hasanuddin bagi mahasiswa baru yang belum menemukan kos/tempat tinggal. Namun, khusus mahasiswa Bidik Misi diwajibkan tinggal di asrama selama satu tahun pertama. Saya salah satu penerima beasiswa bidik misi  termasuk penghuni setia Asrama Putri Universitas Hasanuddin. Sejak tiga tahun yang lalu, saya masih betah di kamar yang berukuran sekitar 3X5 meter pangkat dua. Setiap kamar dihuni oleh dua mahasiswa dengan fasilitas satu lemari dengan dua pintu dan cermin, ranjang bertingkat dua, dua meja belajar, dua kursi, dua rak buku dan WC umum yang berada di luar kamar. Untuk mendapatkan itu semua anda hanya perlu membayar Rp. 1.800.000/orang. Jadi kalau anda mau tinggal sendiri, kali duanya Rp. 3.600.000. Biaya tersebut hanya berlaku selama 11 bulan.   



Tinggal di asrama satu hal yang harus saya syukuri. Bagaimana  tidak? Mahasiswa laki-laki dilarang masuk ke dalam asrama, hanya boleh bertemu di sekitar pintu gerbang, kantin atau di pos satpam kecuali keluarga, tempatnya nyaman, udaranya fresh, jauh dari keributan, dekat dari kampus dan punya satpam. Mahasiswa tidak perlu repot membersihkan sampah yang ada di sekitar asrama maupun WC nya karena setiap blok ada cleaning servicenya... mantaap toh... tapi tidak apa - apa kalau mau bantu-bantu cleaning servicenya.. Ongkos pete-pete ke kampus 0 rupiah (jalan kaki) :) nggak perlu bayar listrik, jadi mahasiswa bisa menggunakan listrik sepuasnya. (walau begitu kita harus tetap hemat listrik demi bumi kita yang tercinta).

                         Lemari Pakaian                                             Rak Buku

Meskipun memiliki banyak kelebihan, namun tetap saja ada kekurangannya.  Airnya terkadang tidak lancar ketika musim kemarau. Kalau musim hujan airnya berbau. Paling parah kalau musim kemarau di musim hujan. Ngeri toh?. Hanya memiliki satu kantin + satu kopma (koperasi mahasiswa) mart. Serta harga makanan di kantin cukup mahal.

Tapi tenang broo.. ada cara mengatasi kekurangan tersebut. Anda hanya perlu menyediakan tampungan minimal dua ember besar hehehehe daripada tidak mandi ke kampus. Pilih mana?  Untuk menghemat anda bisa mengujungi mini market terdekat, saya sarankan ke Olala Murah dan bagi yang suka masak sendiri ada juga loh penjual ikan dan sayuran di Waesabbe. Keduanya berada di sekitar pintu 2 Unhas dapat dijangkau dengan jalan kaki. Hemat kan?.

18 komentar:

  1. Anti blognya keren,, keep up the good work ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank u kk.. jd senang ada komennya kak fatwa.. :) semoga tambah smgat nulis... terima kasih juga sudah diajar menulis... hehehe

      Hapus
    2. Kak, Rp. 1.800.000 itu untuk biaya 1 bulan?

      Hapus
    3. @Marissa biaya selama satu tahun untuk satu org.

      Hapus
  2. heri, bisa ngak kirimin tentang asrama putri mahasiswa unhas seperti fasilitasnya, luas lahanya dan sebagainya soallnya saya mau mengambil stdi banding untuk penyusunan tugas akhir tentang asrama

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fasilitas selain yg sy jelaskan di atas, adalh tempat parkir motor yg lumayan luas. Khusus asrama putri ada 2 unit. Unit II dan Unit III. Dan sekarang sudah ada perubahan mengenai listriknya, dulunya listrik tidak dibayar. Tetapi sekarang sudah berbayar sejak Februari 2016. Besar biayanya tergantung banyaknya alat elektronik yg dimiliki. Untuk luas lahan sy tdk tahu secara pastinya.kalau Adri masih membutuhkan informasi ttg luas lahan, Adri bisa hubungi saya lewat twitter soalnya sy tidak terlalu aktif di blog. Nanti sy coba tanyakan ke pengelolanya.

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Halo mbak anti. Boleh saya minta kontaknya mbak? Saya ingin tanya sesuatu tentang unhas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini email saya : heriantisamsu@yahoo.com

      Silahkan dihubungi ke email itu.

      Hapus
  5. Halo kak sy mau bertanya berhubungan dengan bidikmisi mungkin kk nya tau. Apakah anak bidikmisi akan mendapatkan fasilitas asrama?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya diwajibkan tinggal di asrama bagi mahasiswa bidikmisi dan tetap bayar asrama dr uang beasiswa. Tp sakarang sy kurang tahu infonya seperti apa krn tdk tinggal lagi di sekitar unhas. Silahkan datang langsung ke kantor ramsis.

      Hapus
    2. Saya punya kontak pegawai ramsis tp tidak untuk di sebar di sini. Bagi yg butuh silahkan kontak sy lewat email.

      Hapus
  6. Kalo mau masak gimana ya ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu saya pake kompor listrik. Masaknya di kamar.

      Hapus
  7. ini lokasinya dimana dan apakah mahasiswa teknik bisa dsini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada di depan fakultas ekonomi dan bisnis (unit 2) dan di depan fakultas hukum (unit 3). setahu saya semua mahasiswa s1 bisa tinggal di asrama selama ada kamar kosong

      Hapus
  8. kak bagi yang berdomisili kota makassar boleh daftar asrama gak ?

    BalasHapus