Pentingnya Bawa Bekal Ke Sekolah - All about My Hobbies

Jumat, 10 April 2015

Pentingnya Bawa Bekal Ke Sekolah

Sembari membolak-balikkan salah satu koran Nasional mataku tertuju pada sebuah kalimat “12 April adalah Hari Bawa Bekal Nasional”. Mungkin bukan hanya aku yang belum tahu kalau 12 April Hari Bawa Bekal Nasional tapi masih banyak orang yang belum tahu terutama para orang tua kita. Terus terang saja aku nggak pernah dengar sebelumnya kalau ada Hari Bawa Bekal Nasional. (Jangan ketawain gue, ngaku aja kalau kamu juga nggak tau. Ya kan???)

Hari Bawa Bekal Nasional tidak lain tujuannnya untuk menumbuhkan kesadaran pentingnya menjaga kesehatan untuk anak Indonesia. Kesadaran menjaga kesehatan sangat penting diajarkan kepada anak usia sekolah. Salah satunya membawa bekal ke sekolah. Namun, kebanyakan anak sekolah sekarang hanya anak TK atau awal SD yang membawa bekal. Bahkan beberapa anak SD lebih suka kalau jajan di sekolah. Terlebih  anak SMP dan SMA sudah enggan  membawa bekal ke sekolah . Menjaga kesehatan bagi anak sekolah sejak dini merupakan hal yang harus diajarkan orang tua kepada anak-anaknya sehingga anak-anak mereka tidak rentan terhadap penyakit.

Membawa bekal dari rumah memenuhi kebutuhan dan keamanan seorang siswa. Di sekolah siswa membutuhkan energi untuk berpikir dan aktivitas lainnya. Jika siswa tidak membawa bekal ke sekolah tentu saja mereka mencari kantin untuk mengisi perut mereka yang kosong. Kantin sekolah terkadang hanya menyediakan cemilan atau gorengan yang belum tentu terjamin. Utamanya gorengan yang mengandung lemak tinggi, penyedap buatan, pengawet, dan pewarna. Hal tersebut dapat menimbulkan resiko kesehatan yang tinggi. Olehnya itu cara paling aman adalah membawa bekal dari rumah daripada jajan di kantin atau di pinggir jalan, karena terhindar dari bahaya bakteri, virus, dan bahan kimia  serta gizinya lebih terjamin.

Selain bekal dari rumah dapat mengurangi resiko kesehatan, juga dapat menambah isi tabungan, belajar berhemat dan mengurangi sampah plastik. Dengan membawa bekal ke sekolah, siswa dapat menyisipkan sebagian uang jajannya. Sehingga saat ada kebutuhan yang mendesak, mereka bisa membayar sendiri tanpa meminta lagi uang dari orang tua. Selain itu, kebersihan sekolah pun tetap terjaga.  

Dengan adanya Hari Bawa Bekal Nasional pada 12 April, mari mengajak adik, teman, keluarga, dan siapapun untuk membawa bekal tidak hanya di sekolah tetapi di manapun. Kesehatan lebih penting dari apapun. 

Salam Anak Muda!


2 komentar: